Puasa pada bulan ramadhan, betul-betul suatu ibadah yang menguji kita, bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar di siang hari saja, tapi juga ketika menghadapi segudang makanan disaat berbuka. Untuk menjadikan puasa bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita ,maka ada cara menjaga kesehatan dari pola makan Pada Bulan Ramadhan. yaitu dengan mengurangi beberapa kebiasaan makan kita.

Ketika adzan maghrib tiba, banyak orang yang langsung mengkonsumsi banyak makanan atau minuman seolah-olah pelampiasan dendam tidak makan selama 14 jam. Padahal, ada makanan yang harus dihindari saat buka puasa. Ini demi kebaikan dan kesehatan tubuh kita. Tubuh kita yang sedang istirahat akan merasa kaget jika kita seenaknya mengkonsumsi makanan dan minuman yang hanya enak di lidah tetapi membuat perut dan sistem pencernaan tidak nyaman.

Berikut ini merupakan makanan yang harus dikurangi saat buka puasa. Makna dari puasa sendiri adalah mengendalikan, termasuk ketika buka puasa pun nafsu makan harus bisa dikendalikan. Oleh karena itu hindari makanan-makanan yang membuat perut tidak nyaman.

http://simalungkiang.blogspot.com/2015/06/cara-menjaga-kesehatan-dari-pola-makan.html1.    Makanan bersantan
Makanan bersantan ditemui setiap hari selama Ramadhan karena bercampur dengan kolak sebagai sajian bulan puasa. Makanan bersantan membuat kolesterol, gula, dan juga tekanan darah naik. Konsumsi makanan bersantan secukupnya saja. Jika sudah mengkonsumsi kolak, maka saat makan berat, hindari makanan bersantan, begitupun sebaliknya.

      2.    Takjil berlebihan
Takjil manis dianjurkan sebagai santapan berbuka. Takjil manis bisa berupa es buah, kolak, atau buah-buahan. Imbangi konsumsi makanan manis tersebut. Ketika anda sudah berbuka dengan es buah, maka jangan sekaligus mengkonsumi kolak. Ganti dengan buah-buahan segar dan air putih.

      3.   Gorengan
Batasi mengkonsumsi gorengan karena gorengan tinggi lemak dan mengganggu sistem pencernaan.

      4.    Minuman bersoda
Kandungan air soda sangat mudah menyerap air. Sebanyak apapun mengkonsumsi minuman bersoda, tubuh anda tidak akan merasa kenyang dan tidak meredakan haus.

5.    Minuman dingin
Kebiasaan mengkonsumsi air dingin langsung ketika berbuka puasa dapat mengakibatkan kontraksi lambung.  

6.    Kopi
Kopi merangsang produksi asam lambung meningkat. Anda akan merasa kembung dan mual setelahnya.

7.    Makanan pedas
Berhati-hatilah saat mengkonsumsi makanan pedas, karena makanan pedas dapat merusak dinding lambung.

8.    Makanan berlemak
Kandungan lemak dalam makanan membuat makanan terasa gurih saat dikonsumsi. Makanan berlemak membuat perut cepat kenyang, menyebabkan kegemukan, gangguan pencernaan, dan nyeri di ulu hati.

9.    Makanan yang mengandung coklat dan keju
Jenis makanan yang mengandung coklat dan keju pun harus dihindari karena dapat membuat perut kembung.


Melihat banyaknya daftar makanan yang harus dikurangi saat buka puasa karena mengganggu pencernaan, anda harus mengatur makanan yang akan di santap. Ketika berbuka puasa, mulailah dengan meminum air putih terlebih dahulu. Air putih hangat sangat dianjurkan, tetapi tidak untuk yang dingin.

Kemudian lanjutkan dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti kurma, pepaya, melon, dan lain-lain. Hindari buah-buahan asam. Selain buah-buahan, anda juga bisa mengkonsumsi kolak sebagai pembuka, namun jangan di lanjutkan dengan minum es sirup manis. Laksanakan sholat maghrib terlebih dahulu, kemudian konsumsi makanan berat sesuai porsi. Semoga bermanfaat.



Terima kasih atas kunjungan nya, Untuk Melihat Artikel lainnya,
Silahkan Lihat Daftar Isi

Lanterna Life

thumbnail Cara Menjaga Kesehatan dari Pola Makan Pada Bulan Ramadhan.
Author by : Edi Murfin. Jumat, 19 Juni 2015
Description : Puasa pada bulan ramadhan, betul-betul suatu ibadah yang menguji kita, bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar di siang hari saja, tap...

Mari Bantu Membagikan Cara Menjaga Kesehatan dari Pola Makan Pada Bulan Ramadhan ini. Melalui Sosial Media Dibawah, Insya Allah akan membawa Baraqah bagi kita semua. Aamiin YRA

Bagikan Cara Menjaga Kesehatan dari Pola Makan Pada Bulan Ramadhan

Posting Komentar

 
 
 
Top