Helo sobat Lanterna dimana saja berada … pada tulisan terdahulu dari ilmu alam kita telah membahas tentang pembelahan sel dan perwarisan sifat, maka kali ini kita akan mencoba menuliskan tentang Hewan Invertebrata, mudah-mudahan ada manfaatnya agi kita semua, yuk kita ikuti tulisan singkat ini….

Hewan Invertebrata adalah kelompok hewan tidak bertulang belakang yang mencakup sekitar 97% dari seluruh anggota kingdom animalia. Istilah Invertebrata  di perkenalkan pertama kali oleh Chevalier de Lamarck untuk menunjuk hewan yang tidak memiliki tulang belakang.
http://simalungkiang.blogspot.com/2015/07/9-filum-hewan-invertebrata.html
Hewan-hewan invertebrata mencakup 9 Filum yaitu :
  1. Annelida
  2. Arthropoda
  3. Coelenterata
  4. Echinodermata
  5. Mollusca
  6. Nemathelminthes
  7. Platyhelminthes
  8. Porifera
  9. Protozoa
Inverterbrata atau Avertebrata juga ada yang memiliki rangka, dan ada yang tidak. Rangka biasanya berupa rangka luar atau eksoskeleton yang berfungsi melindungi bagian tubuh yang lebih lunak hewan tersebut. 

Seperti halnya hewan vertebrata, invertebratapun juga ada yang memiliki kebiasaan aktif mencari makan atau beraktifitas siang hari dan malam hari. Untuk yang aktif di malam hari disebut hewan nokturnal, sedangkan yang aktif di siang hari disebut hewan diurnal. Tetapi ada juga yang lebih aktif di peralihan antara siang menuju malam yang disebut dengan hewan krepuskular.

Hewan Krepuskular juga aktif di malam hari saat terang bulan. Hewan ini lebih tepatnya mungkin aktif saat cahaya remang-remang. Meski berbeda dengan hewan nokturnal, faktanya beberapa hewan ini kerap dimasukan kedalam kelompok tersebut. Contoh Hewan Krepuskular diantaranya panda merah, aneka spesies kucing liar, tikus dan mencit, tikus belanda, hamster, kelinci, sigung, sedangkan untuk hewan avertebrata contohnya kunang-kunang,  dan beberapa jenis serangga lainnya.

Demikian tulisan singkat ini sebagai penambah perendaharaan ilmu kita dalam mengetahui alam sekitar……………….


Terima kasih atas kunjungan nya, Untuk Melihat Artikel lainnya,
Silahkan Lihat Daftar Isi

Lanterna Life

thumbnail 9 Filum Hewan Invertebrata.
Author by : Edi Murfin. Sabtu, 04 Juli 2015
Description : Helo sobat Lanterna  dimana saja berada … pada tulisan terdahulu dari ilmu alam kita telah membahas tentang pembelahan sel dan perwari...

Mari Bantu Membagikan 9 Filum Hewan Invertebrata ini. Melalui Sosial Media Dibawah, Insya Allah akan membawa Baraqah bagi kita semua. Aamiin YRA

Bagikan 9 Filum Hewan Invertebrata

Posting Komentar

 
 
 
Top